Jangan Asal Ganti Velg Mobil, Perhatikan 4 Hal Penting Ini Agar Tidak Bahaya!

velg mobil

Sebagai pemilik mobil, Anda harus memperhatikan kondisi velg mobil Anda tersebut. Hati-hati jika Anda sudah mulai melihat retakan pada permukaan velg. Ada baiknya Anda segera mengganti velg lama tersebut dengan velg yang baru. Selain itu, memasang velg baru seperti velg Enkei atau velg Lenso akan membuat tampilan mobil jauh lebih menarik. Sebelum itu, pelajari dulu tips mengganti velg yang benar di bawah ini.

Luangkan Waktu Untuk Memilih Velg Mobil yang Tepat

Jangan terburu-buru saat memilih velg baru untuk mobil kesayangan Anda. Velg baru tidak hanya mempengaruhi tampilan mobil tapi juga keamanan dan kenyamanan Anda saat berkendara. Selain itu, toko velg mobil biasanya menawarkan beragam velg dari berbagai brand dengan desain dan ukuran yang beragam pula. Dealer velg mobil terpercaya seperti auto plus akan membantu Anda untuk menentukan velg yang tepat untuk mobil Anda. Misalnya, Anda ingin mengubah tampilan mobil lebih sporty. Velg dari Enkei atau Lenso bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan.

Perhatikan Ukuran Velg yang Akan Anda Gunakan 

Sembari melihat koleksi velg di tempat jual velg mobil, perhatikan juga ukuran velg yang akan Anda gunakan. Pasalnya, tidak semua ukuran velg cocok untuk mobil Anda. Ada jenis mobil dengan dimensi ruang roda yang tidak terlalu besar. Jika seperti itu, jangan paksakan untuk memasang velg berukuran besar. Jika kurang paham, gunakan saja velg dengan ukuran standar velg lama. Jika pun memungkinkan menambah ukuran velg, cari saja velg baru dengan ukuran 1 hingga 2 inci lebih besar dari ukuran velg standar. Misalnya, Anda menggunakan mobil Innova dengan ukuran standar velg Innova adalah 15 dan 16 inci.

Perhatikan Juga Ban Yang Akan Digunakan Pada Mobil

Memasang velg baru bukan hanya perkara memilih produk yang tepat. Ternyata, Anda juga harus memerhatikan jenis ban yang akan dipasang pada mobil tersebut. Pastikan tebal ban sudah sesuai dengan velg yang akan Anda pasangkan.

Kondisi permukaan ban harus cukup tebal agar proses peredaman selama berkendara menjadi lebih optimal. Jika permukaan ban terlalu tipis, maka Anda pun tidak akan merasakan peredamannya sehingga tidak nyaman. Kesalahan pemilihan ban ketika akan memasang velg juga memperbesar kerusakan pada bibir velg.

Kemungkinan ini akan terjadi khususnya saat ban harus menghantam lubang di jalanan. Selain memperbesar kerusakan velg, pemilihan ban yang salah juga akan mempengaruhi handling mobil Anda. Bukannya Anda bergaya dengan velg baru tapi justru kemungkinan celaka semakin besar. Ada baiknya Anda mengkonsultasikan hal ini kepada dealer velg mobil terpercaya dan berpengalaman seperti auto plus sebelum memasangnya.

Perhatikan Dimensi Jarak Bagian Tengah Velg ke Bagian Terluarnya

Anda juga perlu memerhatikan dimensi jarak bagian tengah velg ke bagian terluarnya. Pasalnya, hal ini berhubungan dengan estetika dan keamanan berkendara. Mungkin Anda pernah melihat sebuah mobil yang velgnya terlihat terlalu menjorok ke dalam atau keluar ruang roda. Hal ini terjadi karena pemilik kendaraan tidak mempertimbangkan dimensi jarak tersebut. Jika dipaksakan, maka velg akan bergesekan dengan komponen lainnya. Jika terjadi gesekan terus menerus maka performa mobil akan terganggu bahkan rentan terhadap bahaya.

Intinya, jangan hanya mempertimbangkan ego saja ketika akan memasang velg pada mobil. Perhatikan pula faktor lainnya, termasuk faktor keamanan berkendara. Yang paling penting Anda harus mencari dealer yang memang sudah berpengalaman memasang velg serta memiliki produk velg yang bervariasi.

Dengan begitu, Anda bisa memilih dengan mudah apakah akan memasang velg Fortuner, velg Pajero, velg innova, ataupun velg untuk mobil lainnya. Anda pun puas karena mobil enak dipandang mata dan aman dikendarai.

Autoplus Pirelli Indonesia Workshop berpengalaman Jual Automotive Parts Mobil baru, bekas, dan replika untuk segala jenis mobil dengan harga yang bersaing dan berkualitas. Auto plus Jual Velg Original Berkualitas, Dealer velg original Lenso, Enkei, Konig, KSport, American Racing, Blackrhino, Fuel, Niche, Rotiform, KMC, dll.

Konsultasikan modifikasi mobil kesayangan anda pada ahlinya
Jl. Pluit Permai No.33, RT.1/RW.5, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450
021-6696666 | +628557866123
Senin – Sabtu : 09.00 – 17.00 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Admin 2
Admin 1
Phone
Phone
Admin 1
Admin 2