Jenis Velg Mobil Berdasar Proses Pembuatan

Bagi sebuah mobil, velg merupakan salah satu komponen yang cukup krusial. Selain menunjang tampilan, velg juga memiliki peran dalam menunjang performa dan stabilitas kendaraan,Namun apakah sobat tau jenis jenis velg mobil dan perbedaannya? Kalau belum simak ulasan berikut ini.

Velg mobil dapat dibedakan melalui tekhnik pembuatannya.

jenis jenis velg mobil yang ada saat ini terbagi menjadi 3 jenis yaitu velg casting, velg flow forming dan velg forged.

  • Velg Casting

Velg casting adalah velg yang dibuat dengan cara dicetak. Cara pembuatan velg jenis ini dibagi jadi dua, yaitu gravity casting dan low presure casting. Pembuatan velg casting ialah dengan melelehkan material velg menjadi cairan, kemudian material tersebut dituang ke cetakan yang sudah dibentuk.

casting merupakan metode pembuatan velg paling umum karena biaya produksi yang lebih murah dan waktu pembuatan lebih singkat. Teknik ini pun bisa dilakukan sekaligus untuk banyak velg.

  • Velg Flow Forming

velg flow forming ialah proses pembuatan velg yang jadi salah satu pengembangan dari jenis casting. Velg flow forming dibuat melalui beberapa tahap, dimulai melalui proses cetak kemudian ditekan dengan roller dan ditarik menggunakan mesin sehingga menjadi sebuah velg. Sebenarnya ini adalah velg casting yang dibentuk setengah jadi kemudian dibentuk lagi pada bagian pinggirnya. Dengan cara ini kepadatan materialnya pun lebih baik dan durabilitasnya 20 persen lebih kuat dibanding casting.

  • Velg Forged

velg forged biasanya menggunakan bahan baku alumunium karena kuat dan ringan sehingga cocok untuk bahan pembuatan velg. Proses  pembuatannya sendri yaitu alumunium padat tersebut dimasukkan ke dalam mesin dan dipanaskan kemudian dibentuk menjadi velg.Dalam proses itu, velg ditekan atau di-press sehingga menghasilkan velg yang solid dan keras. Harga velg forged sendiri lebih mahal karena banyaknya bahan baku yang tebuang saat proses computer numerical control (CNC).

Pada intinya perbedaan paling mencolok antara ketiga jenis velg tersebut terletak pada proses pembuatan ketahanan dan harga.

Velg casting lebih murah karena dapat dicetak massal dengan mesin namun ketahanan nya tidak sekuat velg flow form atau velg forged, dan Velg Flow form memiliki berat yang ringan dengan proses pembuatan yang sedikit rumit namun harganya cukup mahal, Sedangkan Velg Forged memiliki ketahanan yang sangat baik dengan proses pembuatan yang paling rumit menggunakan teknologi tinggi dibanding kedua velg diatas juga memiliki harga yang lebih tinggi dibanding kedua velg tersebut.

Untuk itu dalam memilih Velg pastikan kalian menentukan jenis sesuai kebutuhan dan selera masing masing agar dapat menentukan budget untuk mengganti velg yang tepat.

Jika ingin velg mobil yang tepat, langsung saja merapat ke autoplus indonesia ya. Kami tunggu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *